Header Ads

Taman Sungai Mudal Yang Indah Namun Terlewatkan

Taman sungai mudal merupakan salah satu objek wisata yang berada di daerah Kulon Progo, tepatnya berada di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo. Objek wisata ini bukanlah objek wisata yang baru gue denger, bahkan 2 kali lewat gue cukein begitu saja kala itu. Yang pertama waktu gue berkunjung ke air terjun kedung pedut... kala itu gue udah membaca plang jalan masuk ke taman sungai mudal, namun gue cuekin karena waktu itu gue pikir "Ahh paling cuman sungai biasa... kurang greget"

Yang berikutnya pas gue berkunjung ke air terjun kembang soka... kala itu juga gue cuekin begitu saja dengan pola pikir yang sama.... Aduuhh gue mah..

Hari berganti pekan... pekan berganti bulan... bulan berganti tahun... tak terasa sudah 2 tahun gue ngga mampir ke daerah Kulon Progo.. Terakhir yaaa pas maen ke air terjun kembang soka dan Kalibiru... Ditambah waktu itu ngedown traveling hampir setengah tahunan... jadi makin lupa deh kayak gimana suasananya...

Meskipun semangat traveling udah ngga sekenceng jaman masih muda dulu namun sampai sekarang gue masih suka kepo sama stalking akun-akun instagram yang selalu nge-share tentang objek-objek wisata... siapa tau kapan-kapan kalau pas lagi gabut bisa gue kunjungin...

Dan salah satu objek wisata yang gue sering lihat nongol di beranda yaaa ini nih... Taman Sungai Mudal.... Beberapa postingan dari natizen bikin gue kangen sama suasana Kulon Progo... Sekaligus sudah 2 kali taman sungai mudal ini gue cuekin... gue malah jadi penasaran... "Itu yang diposting beneran ngga sih, editan atau ngga sih" dan berbagai pertanyaan-pertanyaan kecil lainya...

Di pagi yang cerah namun sedikit mendung ini gue memutuskan untuk tancap gasss ke taman sungai mudal, nah seperti apa sih viewnyaa... pada penasaran kan yaaa... oke cekijrottt...


//

Hampir jam 9 gue sampai di taman sungai mudal... objek wisata ini ada 2 gate sob ( gerbang ), bebas... mau masuk kesini lewat gate yang mana... kebetulan gue taunya yang gate 2, yang deket dengan objek wisata air terjun kembang soka... jadi udah pasti gue masuk lewat yang gate 2.

Untuk biaya akomodasinya cukup murah ternyata gaes.... cuma Rp.2.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp.6.000/ orang untuk biaya tiket masuknya.. ( gue kesini di hari sabtu )

"Kok kiyambaan mas?" tanya ibu-ibu yang jaga loket. ( Kok sendirian aja mas? )
Masuk aja belum gue udah dikasih pertanyaan yang cetarrr membahana.. Wkwkw....

kebetulan tuh ibuk yang jaga loket ditemenin sama anak perempuanya... yaaa ngga tau anaknya apa bukan, tapi yang jelas masih ABG... pengen gue balik skak, itu anaknya available ngga buk... Wkwkwkw... Engga engga just kidding... ngga berani gue kayak gitu mah...

Oke.... jadi jarak antara lokasi parkiran sampai ke air terjun sangat amatlah dekat gaes... cuman... beberapa detik kalau kalian lari...

Long Exposure Version
Masya Allah... keren sekali...


Awalnya gue kira taman sungai mudal ini cuman aliran sungai biasa gitu aja loh gaes... ngga ada air terjunyaa... ehh ternyata gue salah kaprah... ini keren pisan loh, beneran !!

Airnya sangat dingin dan udaranya sangat sejuk... apalagi kalau kalian dateng kesini pas masih pagian, pas masih agak sepiii.... wah kalian bisa ciblon sampai puas deh dijamin... tapi inget !! jangan lupa bawa pakaian ganti kalau mau ciblon... kalau mau nyewa ban atau pelampung juga ready stock, jadi ngga usah khawatir..

Untuk kolam yang pertama itu kedalamnya sampai 2 meter gaes... gimana ?? berani nyeburrr ?? beranilah yaa... Hahahahaha... tenang aja gaes, nanti disini sudah ada beberapa staff staff yang berjaga dan memantau pengunjung yang sedang bermain air agar tetap safety, nah mereka jugalah yang menyewakan ban serta pelampung gaes...

Karena penasaran gue coba menaiki anak tangga yang berada di sebelah kiri pintu masuk... ternyata diatasnya masih ada air terjun lagi loh gaess...

Eits... jangan salah... ini bukan yang paling ujung lohh, nanti kita masih bisa naik keatas lagi, caranya masih sama... tinggal ikutin saja anak tangga yang sudah disediakan.. Awalnya gue kira air terjun itu adalah yang paling ujung, alias yang paling atas sendiri... Hahahahaha... ternyata salah maning...

Perlahan lahan gue mengikuti jalanan setapak yang telah disediakan oleh pihak pengelola... ngga berani cepet-cepet soalnya jalanya basah.. Hehehehe...

Pokoknya tuh disini banyak banget air terjun gaes... ada yang berukuran kecil, ada pula yang gede banget.... jadi dari bawah tadi sampai keatas isinya full air terjun gaes...wah wah wah... keren sekali... gue ngga nyangka kalau taman sungai mudal sekeren ini loh... serius...

Gue juga bertanya-tanya... Air sederas ini dari mana sumbernya yaaa... secara Kulon Progo kan ngga ada gunung yang tinggi... Apakah kalian juga bertanya demikian ??? #Enggak!

Ehmmm Ehmmm ...
Jadi aliran air ini bersumber dari mata air yang bersumber dari kedalam goa di kawasan Girimulyo gaes... Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun... Sehingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar... Aliran sungai taman sungai mudal ini mengalir sampai ke air terjun kembang soka dan terus berlanjut sampai ke air terjun kedung pedut... Sedangkan bebatuan yang berada di sepanjang aliran sungai adalah batu gamping... Batu gamping klasik dan non-klasik.

batu gamping klasik yang dapat dijumpai yaitu Calcirudite, Calcarenite, dan Calcilutite.. sedangkan batu gamping yang non-klasik berupa batu gamping organik hasil dari bentukan alga dan terumbu..

Kok mas Eksa bisa tau ???
Iyaaalah.... nyolong informasi di papan informasi dideket parkiran :D

Perjuangan masih berlanjut gaes... aku masih menyusuri anak-anak tangga ini, dan tak kusangka aku sampai ke air terjun yang puncak... kalau dipaksain ke atas nanti bakalan ngelihat kolam... nah kolam tersebut sama dengan yang tadi dibawah... mungkin ini adalah gate 1 nya gaes.... Fyuhhh....

Jangan tanya yang motoin itu siapa... sebelumnya gue mau ngucapin makasih sama sebongkah kayu yang gue jadikan dudukan kamera, sehingga gue bisa foto di air terjun ini... Makasih ya yu...

Setelah sampai diatas gue ngga tau musti ngapain karena disana isinya orang-orang pada ciblon pake ban gitu... Ya udah gue istirahat aja dulu di sebuah bangku... pas lagi nikmat-nikmatnya istirahat pandangan gue tertuju pada sebuah tulisan "Free Wifi". Tanpa disuruh gue langsung coba cross cek apakah benar adanya... Yuhuu... ada beneran..!!! Wkwkwkw... ngga nyangka gue mah... Buat kalian yang kesini terus sinyalnya ilang bisa nih nebeng di wifinya taman sungai mudal. Hahahahaha...

Oke oke... untuk masalah fasilitas yaaa... disini cukup lengkap gaess... mushola. warung makan, toilet, tempat parkir yang nyaman, dan....... wifi :D

Oke jadi sekian sepenggal cerita, kisah dan ulasan singkat mengenai objek wisata taman sungai mudal ini gaes... nah, buat kalian yang mau kesini jangan lupa mampir sekalian ke objek wisata air terjun kembang soka dan air terjun kedung pedut yaaa....

30 comments:

  1. Sebetulnya arit terjunnya sih nggak terlalu tinggi, ya. Tapi bisa buat bawa keluarga karena fasilitasnya lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun ngga terlalu tinggi tapi air terjunya berkelanjutan gitu mbak :D kayak bertangga tangga gitu...
      Iyaapp kalau bawa keluarga cocok banget. parkirannya yang luas ditambah lagi dari loket jalanya ngga jauh saya rekomendasikan dehh :D

      Delete
  2. Wah, itu misal di jawab "anaknya available nggak buk", gitu, ajib kayak e mas. Besok nek kesitu lagi, dicoba. Hahaha. Ini sama jalan ke Kalibiru itu deket nggak mas? Apa beda jalur? Aku ke Kulonprogo seumur-umur baru mampir ke Kalibiru tok. Sama pantai glagah & congot, ding. Penasaran sama tempat wisata di daerah perbukitannya.

    Wifi, kenceng mas? Aman buat stalking mantan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whahaha... sayangnya saya ini typikal cowok pemalue je mas... :D
      Kalau dari Jl.Raya Kaligesing berarti sebelum Kalibiru mas, nek jaraknya sendiri kurang lebih 30 menitan..
      Coba deh mas kapan-kapan di explor... Hehehe..
      .
      Yaaa lumayan sih mas wifinya, walaupun ngga kenceng-kenceng amat tapi masih bisa buat IGan. Hehehe..
      asal ngga kepencet tombol like kemungkinan masih aman-aman saja mas,. Wkwkwkw

      Delete
  3. Aku justru menikmati hasil fotonya yang aliran air terjunnya kayak kapas. Oh ya? Ada free wifi di Taman Mudal? Horeeee dong ya! :D Kira2 berani ga ya nyebur di airnya? Pasti dingin banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya lebih fresh mbak :D kapan kapan kalau maen ke Kulon Progo mampir kesini cocok.. Hehehe..
      .. Iya sih , orang kemarin pas saya kecipratan airnya dikit-dikit juga sudah merasakan hawa hawa dingin,.. tapi tetep mantap betull :D

      Delete
  4. That long-exposure-photo-version gave another vibe, in a good way!
    Hands down lah, saya masih belum bisa wkwkwkw. Beberapa kali lihat tutorialnya di youtube cuma jadi angin lalu saja :/

    "udah ngga sekenceng jaman masih muda"
    Memang sudah setua apa Anda xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... aku juga masih belajar kok Nid, hasilnya masih kurang.. Makanya aku nyari air terjun buat belajar lebih dalam lagi.. Wkwkw,,,
      ..
      :-\ Yaaa ngga tua tua amat sih, ( ngga mau nyebut umur, nanti ketahuan ) Wkwkwk :D

      Delete
  5. Aslinya banyak banget tempat wisata yang pengen aku kunjungi di Kulon Progo, tapi waktunya selalu gak pas, terutama yang berkaitan dengan air, seperti curug gitu.

    Coba tanya aja, Mas padahal itu anaknya available gak, ya siapa tau kan pulang dapet pasangan..wkwk

    Segernya lihat air yang mengalir. Sesekali memang perlu pergi ke tempat alam seperti ini, biar gak gabut depan layar terus.

    Meskipun gak tinggi air terjunnya tapi airnya deras ya, Mas. Sesuai dengan namanya, mudah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus di agendakan ulang mas Andi :D Hehehe
      ..
      Aduuhh, berattt mas.. Wkwkw... saya serahkan ke njenengan mawon gimana :D
      ...
      Iya mas seger banget banget.. cocok banget buat refresing bareng temen atau keluarga..
      ..
      Hmm... Mudah = Mudal :-\

      Delete
  6. Itulah enaknya wisata di Jawa, tempatnya udah dilengkapi banyak sarana plus warung dan perlengkapannya pasti ada... Di NTT lokasi bagus butuh perjuangan dan kesabaran hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada perjuangan perjuanganya gitu ya mas, dan yang pasti lebih menantang... Hehehe.. Semoga kedepan wisata Indonesia lebih bisa berbenah dan dikelola sampai seluruh nusantara ya mas... Aamiin..

      Delete
  7. Ternyata sunagi mudal bagus juga ya mas,
    belum terekspose kayaknya, tugas kita sebagai penggiat media social untuk meneksposenya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenere udah sih mas, cuma sayanya aja yang kurang update.. Hehehe..
      Iya mas, kalau ada tempat-tempat yang belum terekspose kita ekspose aja.. kali aja ada yang nyari di mbah google kan artikel kita yang paling atas.. Hehehehe

      Delete
  8. Jogja mah yaa.. banyak banget hidden spot yang belum terjamah atau belum terkenal banget. jadinya ya asyik banget buat eksplore kesana.

    jadi kalau mau sepi mending datang sebelum jam 10 pagi di hari biasa yaa.. biar enak gitu foto slowspeed tanpa lalu lalang orang gitu yaa.

    foto-foto slowspeednya keren mas! mantul!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... mulai dari pantai, air terjun, daerah dataran tinggi, sejarah, dan budaya ada disini.. Hehehe...
      .
      Iya mbak, cuman kalau mau siangan juga ngga papa sih. Asalkan pas hari biasa,, jangan pas haru libur nasional. Wkwk..
      .

      Delete
  9. Replies
    1. Mungkin bisa dimasukan kedalam list liburan mbak Anis :D

      Delete
  10. tosss dulu kita, kemarin aku udah sampai sini cuma gak sempat mandi-mandi cantik ala bidadari. wkwkwkwk sekedar basahin kaki doang dan foto bareng fotographer yang nyewa saking niatnya liburan dengan hasil foto bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whahaha... kalau bawa pakaian ganti oke juga sih mbak.. wong kemarin saya kesini juga banyak emak emak pada mandi.. ngga mau kalah sama anak-anaknya :D
      ..

      Delete
  11. Kangen rasanya renang-renang lagi di kolam teratas ..., apik ya mas Eksa.
    Airnya juga sejuk banget.

    Air terjun satu ini ngangenin sekaligus berkesan banget buatku, karena aku pernah terpeleset waktu ngambil foto dari ketinggian.
    Lokasi jatuhnya dekat tempat foto mas Eksa duduk itu.
    Beruntung banget tanganku bisa meraih batu buat pegangan, kalau ngga ... alamat aku nyebur dan bisa luka-luka parah.
    Pakaianku kotor kena bekas lumut yang kupijak, handphone terlempar jauh.
    Seram kalau ingat kejadian itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah... kok bisa gitu mas ?? kurang ati ati atau kurang fokus yaa ??
      tapi Alhamdulillah ya ngga kenapa napa cuma kotor-kotor doang ...
      ..
      Ini bisa jadi cerita tersendiri kelak ya mas kalau ada kesan kesanya gitu, saya juga punya.. mulai dari yang extreme sampai yang horror.. Wkwkw

      Delete
    2. Pengalaman horror di air terjun sungai mudal ini, mas Eksa ?.

      Whuaaaaah ... , kalo aku ... di air terjun tetangganya, yaitu di air terjun Kembang Soka, mas.
      Disana aku lihat jelas sosok yang ngikutin aku terus selama berada di area lokasi, sosoknya pria berpakaian Jawa traditional dan selendang merah melayang2 di atas kepalaku.

      Iya, betul2 aku sangat bersyukur waktu itu ngga kecebur ke air terjun.
      Sejak itu aku wajib sangat hati2 di lokasi alam biar ngga terulang kejadian menakutkan itu.

      Delete
    3. Ohh bukan mas,, didaereh Kendal kok.. Hee :D..
      ..
      Walah kok ngeri ngerong mas,.. dulu pas kesana aku Alhamdulillah ngga kenapa napa.. Cuman yang agak ngeri tuh jalan disekitaran lereng bukit mas,, agak rungkut soale... Heee...
      ..
      Alhamdulillah ngga kenapa napa ya mas.. bisa untuk cerita besok mben :D

      Delete
  12. wah kayaknya recomended sekali ya mas buat isi liburan itu air terjunnya walau gak tinggi tapi kelihatan bagus dan ada free wifi juga asyik kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. mantap betul dah pokoknya.. bisa untuk liburan keluarga juga :D

      Delete
  13. Cantik sekali air terjunnya. Rasanya mau berlama-lama di tempat itu. Paling enak kalau tempat wisatanya dekat dari tempat kita yah. Tapi kalo jauh lumayan makan waktu juga. Coba dekat, pasti tiap hari saya datengin tempatnya. Sapatau langsung dapat banyak inspirasi. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whahaha.. iya mbak.. bisa bisa mandi juga disini saking segernya :D

      Delete
  14. emang gila sih jepretan2mu mas. keren uy.. cm kl kedalaman 2 meter aku nggak berani nyemplung, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jepretanmu juga keren keren mbak Ell :D
      pakai ban mah dijamin aman, dan sudah ada beberapa staff penjaganya :D

      Delete

Powered by Blogger.